Ikatan Remaja Rabet : Pemuda yang peduli desa kelahiran


Setiap desa yang maju, salah satu faktornya adalah kepedulian dan kekompakan pemudanya. Organisasi pemuda sangat dibutuhkan dan berperan penting dalam rangka memajukan desa. Pemuda yang peduli terhadap desa nantinya juga akan menggantikan para tetua-tetua atau perangkat desa yang saat ini menjabat.
Di Desa Kolla ini terdapat sebuah organisasi pemuda yang berada di Dusun Rabet. IKRAR (Ikatan Remaja Rabet) merupakan  satu-satunya organisasi pemuda di Desa Kolla. Organisasi ini sudah mengalami pergantian kemengurusan selama 3 kali, setiap 3 tahun sekali melakukan pergantian kepengurusan. Saat ini berumur sekitar 9 tahun, semenjak awal berdiri antara tahun 2006.
Awal mula terbentuknya IKRAR dilatar belakangi oleh sebuah ide dari pemuda rabet yang kala itu nongkrong di gardu untuk memperbaiki kampung halamannya. Kemudian mengajak seluruh anak dari kampung Rabet berkumpul untuk membentuk sebuah organisasi pemuda di kampung.
Pada awal pembentukannya, IKRAR mengalami respon yang kurang baik oleh para sesepuh kampung karena dinilai mendahului keputusan dari para sesepuh kampung. Akan tetapi para pemuda Rabet terus berusaha untuk meyakinkan para tetua bahwa tujuan didirikan IKRAR adalah untuk memperbaiki kampung dan menghormati para tetua.
IKRAR didirikan oleh Moh. Yakub dan Moh. Kholil. Pada periode pertama IKRAR diketuai oleh Moh. Kholil. Ketua kedua yaitu Syahrul dan yang ketiga sampai saat ini yaitu Iskandar. Sedangkan bagi ketua-ketua yang sudah purna, saat ini menduduki posisi sebagai penasehar IKRAR.
Ketika tiba bulan Dzulhijah atau selesai lebaran haji, para pemuda  Dusun Rabet berkumpul baik yang menetap di desa ataupun yang sedang merantau. Pada waktu tersebut IKRAR mengadakan haul, qatmil Qur’an dan tahlilan sebagai  agenda tahunan.
Dalam menjalankan roda organisasi, IKRAR memperoleh pendanaan dari para pemuda setempat, terutama dari pemuda yang merantau. Dari dana yang terkumpul tersebut selebihnya digunakan untuk pembangunan Dusun Rabet diantaranya untuk memperbaiki sarana prasarana, membeli sembako yang diberiukan kepada warga yang tidak mampu dan membeli peralatan-peralatan yang lainnya yang dibutuhkan oleh warga Dusun. Dengan perannya tersebut, masyarakat sangat terbantu dengan adanya IKRAR.
Previous
Next Post »