Kec. Modung, Kab. Bangkalan

Rabu, 01 Agustus 2018

Bakti Sosial: Bersih Bersih Masjid At-Taqwa Desa Kolla


        Seringkali kita lupa bahwa menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman. Kita lupa bahwa rumah Allah pun perlu dijaga kebersihannya karena di tempat tersebut kita sesama umat muslim beribadah. Tak hanya kebersihan diri pribadi tapi masjid juga perlu kita rawat. Maka dari itu melihat kondisi masjid At-Taqwa di desa Kolla yang sedikit tidak mendapat perhatian dari warga sekitar maka kami kelompok KKN 11 UTM 2018 berinisiatif untuk membersihkan masjid tersebut. Kegiatan bersih-bersih masjid tersebut dilakukan setelah kami selesai olahraga pagi bersama adik-adik SD di Desa Kolla. Tepatnya pada tanggal 22 Juli 2018 hari minggu disiang hari kami mulai membersihkan masjid At-Taqwa bersama rekan-rekan 1 kelompok.
Disitu kami satu persatu membagi tugas untuk membersihkan masjid agar masjid segera bersih. Mulai dari membersihkan karpet dan menggulungnya kemudian membersihkan lantai yang kotor karena bekas karpet tersebut. Tak lupa juga mengelap jendela yang mulai berdebu dikacanya. Kemudian juga dibagian luar kami tak lupa untuk menyapu lalu mengepel sehingga masjid kembali bersih seperti sedia kala. Disamping itu dibagian toilet kami pun juga turut membersihkan sehingga tidak hanya di bagian dalam masjid yang bersih dibagian toilet pun juga ikut bersih. Tempat yang bersih memberi kenyamann dan kekhusyu’an bagi setiap orang yang ingin beribadah di masjid tersebut.
            Masjid At-Taqwa merupakan masjid yang biasa digunakan warga sekitar untuk beribadah dan merupakan masjid yang paling besar di desa Kolla sehingga kegiatan-kegiatan islami sering diadakan disana seperti muslimatan dan pengajian. Apalagi digunakan untuk sholat di hari hari besar seperti hari raya Idul Fitri dan hari raya idul Adha. Karena setiap sore di masjid tersebut di tempati anak-anak untuk mengaji pada guru ngaji mereka. Dari kegiatan bersih-bersih masjid tersebut ada juga beberapa warga yang turut serta membantu membersihkan masjid bersama kelompok KKN kami. Seharusnya masyarakat disekitar desa lebih memperhatikan kebersihan masjid tersebut. Karena seharusnya masjid memang harus selalu bersih agar enak untuk dijadikan beribadah. Apalagi masjid di desa Kolla ini agak jauh dari rumah-rumah warga sehingga perhatian warga untuk membersihkan masjid tersebut teralihkan dan memilih sholat di rumahnya sendiri dari pada di masjid.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pengunjung