Kec. Modung, Kab. Bangkalan

Rabu, 08 Agustus 2018

PENGOLAHAN TEH DAUN KELOR

       
            Teh daun kelor merupakan salah satu minuman fungsional yang bermanfaat bagi tubuh. Teh juga termasuk dalam salah satu minuman yang digemari oleh seluruh kalangan. Manfaat teh bagi tubuh dapat menyegarkan, memulihkan kesehatan badan dan tidak menimbulkan dampak negatif.
          Kelor merupakan salah satu jenis tanaman tropis yang mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman kelor tumbuh dalam bentuk pohon dan berumur panjang dengan tinggi 7-12 m. salah satu keunggulan tanaman kelor adalah dapat bertahan dalam berbagai kondisi lingkungan, sehingga dapat tumbuh dalam kondisi ekstrim seperti Madura. Kandungan utama dalam daun kelor yang bermanfaat bagi tubuh adalah flavonoid sebagai antioksidan dan memiliki efek anti inflamasi. Tanaman kelor telah dikenal diseluruh dunia sebagai tanaman yang bergizi. Menurut WHO kelor merupakan salah satu pangan alternatif untuk mengatasi masalah gizi. Di Afrika dan Asia daun kelor direkomendasikan sebagai suplemen yang kaya zat gizi untuk ibu menyusui dan anak pasa usia pertumbuhan.
          Pembuatan teh daun kelor sangat sederhana. Bahan yang digunakan adalah daun kelor, kantong teh dan benang. Sedangkan peralatan yang dibutuhkan adalah nampan, ember dan sealer. Tahap pembuatan teh kelor yang pertama menyiapkan daun kelor, kemudian dipisahkan antara daun dan tangkainya. Selanjutnya ambil daun kelor kemudian cuci menggunakan air mengalir. Setelah proses pencucian selesai kemudian ratakan daun kelor di atas nampan dan selanjutnya jemur sampai kering. Proses penjemuran dapat dilakukan dengan cara manual dengan sinar matahari atau menggunakan alat pengering seperti oven maupun cabinet dryer. Jika menggunakan cara manual maka waktu yang dibutuhkan sekitar 2-3 hari bergantung cuaca. Tetapi jika menggunakan alat pengering maka prosesnya akan lebih singkat. Selain itu dengan menggunakan alat pengering maka akan meminimalisis kontaminasi bakteri karena dalam keadaan tertutup.
          Cara penyajian teh kelor dapat secara langsung ataupun dikemas terlebih dahulu dalam kantong teh. Jika menggunakan cara manual maka bisa langsung diseduh dalam air mendidih. Kemudian dilakukan penyaringan untuk menghilangkan ampasnya. Jika ingin menggunakan cara yang lebih praktis dan meningkatkan nilai estetika maka bisa dilakukan proses pengemasan menggunakan kantong teh. Setiap kantong teh diisi 1 gram kemudian disealer dan ditambah tali.
        Pengetahuan ini kamu sosialisasikan kepada warga Desa Kolla khususnya ibu-ibu disetiap dusun. Sosialisasi dilakukan pada tanggal 30 Juli samapai 1 Agustus 2018. Lokasi tempat sosialisasi adalah dikediaman “Apel” setiap dusun. Acara sosialisasi dihadiri oleh ibu-ibu sampai lansia. Acara berlangsung seru dengan celoteh ibu-ibu yang secara langsung terlontar saat sosialisasi berlangsung. Ibu-ibu warga Desa Kolla sangat antusias dan banyak yang mengatakan akan mencobanya di rumah. Hal ini merupakan salah satu kebanggaan dan kegembiraan tersendiri bagi kita selaku penyelenggara. Kami berharap sedikit pengetahuan yang kami sampaikan kepada warga Desa Kolla dapat bermanfaat. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pengunjung